Widget HTML Atas

Harga Tiket Masuk Gembira Loka Zoo 2022. Lokasi, Wahana & Jadwal Pertunjukkan

Info wisata Gembira Loka Zoo
Gembiralokazoo.com

Tiket Gembira Loka Zoo / Kebun Binatang Gembira Loka - Yogyakarta memang istimewa, hal tersebut saya benarkan karena Jogja adalah kota yang lengkap dengan berbagai macam sejarah budaya yang masih melekat dengan erat dalam benak masyarakatnya.

Selain sejarah budayanya, salah satu yang membuat Jogja sangat istimewa bagi saya adalah banyaknya destinasi wisata yang tersedia.

Rasanya tak ada bosannya untuk berkunjung ke Kota Gudeg ini, selalu ada saja destinasi atau tempat wisata yang belum dikunjungi meski sudah datang berkali-kali.

Dari banyaknya deretan tempat wisata yang ada di Jogja, ada sebuah tempat wisata edukasi yang sangat cocok untuk kamu kunjungi bersama keluarga, khususnya untuk sobat Kenzie yang berwisata bersama anak-anak.

Tempat tersebut adalah Gembira Loka Zoo / Kebun Binatang Gembira Loka / Bonbin Gembira Loka Jogja.

Baca juga: 5 Hotel di Jogja yang Cocok Untuk Keluarga



Informasi Umum & Daya Tarik Gembira Loka Zoo Jogja

Gembira Loka Zoo atau Kebun Binatang Gembira Loka menghadirkan berbagai jenis satwa dari yang mudah ditemui hingga yang sudah langka seperti orangutan, gorila, harimau, gajah, dan masih banyak lagi.

Gembira Loka Zoo
Jamelatour.co.id

Tidak hanya mamalia ataupun reptil saja, di Bonbin Gembira Loka juga terdapat aves sehingga kamu bisa tahu jenis-jenis hewan yang masih ada sampai saat ini.

Selain bertemakan kebun binatang, yang menjadi daya tarik dari Gembira Loka Zoo ini adalah ketersediaannya beberapa wahana yang cukup lengkap.

Lahan yang digunakan Kebun Binatang Gembira Loka ini bisa dibilang cukup luas, yakni sekitar 20 hektar.

Peta Gembira Loka Zoo
Gembiralokazoo.com

Berwisata di Gembira Loka ini, sobat Kenzie dapat menjumpai komodo berukuran sangat besar yang memang dipelihara di kebun binatang ini.

Jadi, sobat Kenzie bisa melihat dan berfoto dengan komodo tanpa jauh-jauh ke pulau komodo. Asyik, kan?

Tak sampai disitu saja, di Kebun Binatang Gembira Loka juga terdapat beberapa danau buatan yang difungsikan sebagai tempat hidup dan perkembangbiakan beberapa ikan.

Tentunya danau tersebut akan menarik perhatian para pengunjung yang datang ke Bonbin yang ada Kota Gudeg ini.

Area Kebun Binatang Gembira Loka dialiri sungai di tengahnya, serta dipenuhi pepohonan rindang yang berusia tua.

Jadi tak heran jika suasana di kebun binatang ini sangat sejuk. Bahkan, suasananya menyerupai rimba raya.

Tripadvisor.com

Nahh, yang lebih mengasyikkan lagi nih, buat sobat Kenzie yang hobi upload foto ke akun sosmed, kamu tak perlu khawatir karena Gembira Loka Zoo sudah dilengkapi dengan fasilitas free wifi.

Jadi kamu bisa hunting foto sambil upload hasil jepretan secara Live di lokasi.

Wahana Rekreasi

Sobat Kenzie tidak hanya sekedar melihat satwa saja ketika berwisata di sini.

Karena Gembira Loka Zoo juga menyediakan berbagai wahana rekreasi yang seru.

Berikut beberapa wahana yang bisa sobat Kenzie coba.

  • Perahu Katamaran
  • Speed Boat
  • Bumper Boat
  • ATV
  • TARING (Transportasi Keliling)
  • Skuter air
  • Perahu kayuh
  • Terapi ikan
  • Kolam tangkap
  • Gajah Tunggang
  • Kolam Sentuh
  • Nineboat
  • Zoo Express
  • Petting Zoo
  • Onta Tunggang

Fasilitas Kebun Binatang Gembira Loka

Fasilitas wisata Gembira Loka Zoo
Liburananak.com

Gembira Loka Zoo menyediakan berbagai fasilitas demi menunjang kenyamaan saat berwisata di kebun binatang ini. Berikut beberapa fasilitas yang bisa kamu manfaatkan:

Sentral Servis

Sentral Servis Gembira Loka Zoo
Gembiralokazoo.com

Sentral Servis merupakan fasilitas berupa pusat pelayanan bagi para pengunjung. Lokasi Sentral Servis bisa sobat Kenzie temukan di sebelah Gajah Resto dan menjadi satu dengan halte Taring 4 dan gerai zoovenir.

Free WIFI

Free WIFI Gembira Loka Zoo
Gembiralokazoo.com

Gembira Loka Zoo juga menyediakan akses internet gratis melalui jaringan wifi yang di letakkan pada titik-titik seluruh wilayah Gembira Loka Zoo.

Jadi sobat Kenzie bisa berfoto dan upload langsung ke akun sosmed ataupun untuk sekedar share dengan kecepatan internet yang kencang.

Wifi yang disediakan di Gembira Loka Zoo bernama "GLZoo Free", kode user password bisa sobat Kenzie dapatkan di Pos Keamanan maupun Loket Wahana dengan cara menukarkan sobekan karcis masuk yang sudah dibeli.

Kursi Roda

Gembira Loka Zoo (GL Zoo) juga menyediakan fasilitas khusus bagi penyandang disabilitas berupa kursi roda. Layanan kursi roda ini Free alias Gratis.

Fasilitas kursi roda tersebut bisa sobat Kenzie dapatkan di pos keamanan satu yang berada di dekat pintu masuk A dengan meninggalkan kartu identitas.

Tenang, di Kebun Binatang Gembira Loka juga tersedia jalan khusus kursi roda mulai dari pintu masuk hingga pintu keluar, kok.

Stroller Bayi

Gembira Loka Zoo juga menyediakan fasilitas Stroller Bayi buat sobat Kenzie yang datang dengan membawa balita.

Stroller Bayi dapat sobat Kenzie pinjam di stand yang berada di selatan pos 1 yang berada di pintu A dan bagian reservasi di pintu B.

Hanya dengan mengisi data diri dan meninggalkan kartu identitas sobat Kenzie sudah dapat menggunakan Stroller Bayi secara gratis.

Gelang Anak

Gembiralokazoo.com

Gembira Loka Zoo menerapkan pengamanan khusus untuk anak-anak yaitu Gelang Anak yang diberikan secara gratis untuk pengunjung yang mempunyai anak usia 3-6 tahun.

Nantinya di gelang anak ini akan dicantumkan nama anak dan nomor handphone orangtuanya yang bisa dihubungi.

Dengan begitu apabila anak terpisah dari orang tuanya, maka petugas dapat segera menghubungi orang tuanya melalui nomor handphone yang tertulis di gelang anak.

Food Court / Kuliner

Kuliner di Food Court Gembira Loka Zoo
Gembiralokazoo.com

Lapar dan haus setelah berkeliling Gembira Loka Zoo menyediakan area food court dengan berbagai sajian lezat khas Indonesia sebagai pelepas rasa lapar dan dahaga.

Jadwal buka:
Senin - Jumat: 08.45 - 17.15 WIB
Sabtu - Minggu: 07.45 - 18.15 WIB

Musholla dan Masjid

Fasilitas Mushola di kebun binatang Gembira Loka
Gembiralokazoo.com

Mushola yang terletak di area kebun raya ini memiliki konsep menyatu dengan alam dan berada di tengah rerimbunan pepohonan.

Untuk lokasinya berada tepat sebelum tangga turun menuju area kebun binatang atau sebelah selatan wahana ATV, ya.

Selain itu, Masjid juga tersedia di area satwa yang terletak di dekat pintu masuk B atau sebelah selatan kandang Beruang.

Seperti masjid pada umumnya, setiap hari jumat masjid Gembira Loka juga melangsungkan sholat jumat.

Jadi untuk sobat Kenzie yang beragama muslim tidak perlu bingung apabila berkunjung pada hari jumat.

Mayang Tirta

Mayang Tirta berarti sebuah perahu yang berada di atas air. Nama ini dinilai tepat, karena bangunan tersebut letaknya memang di tengah danau buatan utama di Gembira Loka Zoo.

Di area Mayang Tirta juga terdapat stage berukuran sedang, dilengkapi sound system dan peralatan band yang cukup lengkap. Untuk area terbuka berkapasitas sekitar 200 orang.

Kegiatan Seru Yang Bisa Dilakukan Di Gembira Loka Zoo

1. Melihat Pertunjukan Satwa Pintar

Kebun Binatang Gembira Loka khususnya pada jam-jam tertentu terdapat pertunjukan satwa pintar yang dilangsungkan di tempat khusus untuk menghibur para wisatawan.

Satwa-satwa tersebut diantaranya adalah burung kakak tua yang pandai berhitung, beruang madu yang malas, hingga orang utan naik sepeda.

Berbagai satwa tersebut akan siap untuk menghiburmu dengan segala tingkah polahnya yang lucu dan menggemaskan.

Kabar baiknya, untuk menikmati pertunjukan satwa pintar kamu tidak perlu membayar tiket khusus alias gratis.

Gembiralokazoo.com

2. Interaksi Dengan Satwa Yang Ada

Tujuan utama datang ke kebun binatang tak lain dan tak bukan adalah untuk melihat binatang.

Gembira Loka Zoo memiliki berbagai jenis satwa yang bisa kamu lihat secara dekat baik yang ada di balik kandang maupun yang dibiarkan diluar kandang.

Di kebun binatang ini kamu bisa berinteraksi dengan beragam satwa yang ada, bahkan untuk satwa yang diluar kandang kamu bisa memegangnya dan foto bersama.

3. Terapi Ikan

Gembiralokazoo.com

Jika kamu merasa capek, mungkin terapi ikan ini bisa Kamu coba.

Cara terapi ini cukup mudah, yaitu dengan memasukan kedua kakimu kedalam kolam yang dipenuhi dengan ikan-ikan kecil yang khusus untuk terapi.

Nanti ikan-ikan kecil tersebut akan menggigiti kakimu yang akan memberikanmu sensasi geli.

Tentunya setelah terapi ini selesai, kakimu akan terasa segar dan kulit-kulit mati yang menempel di kaki akan hilang karena sudah dimakan ikan.

4. Mengunjungi Museum Gembira Loka Zoo

Indonesiakaya.com

Tidak jauh dari pintu masuk Gembira Loka Zoo terdapat sebuah museum yang menampilkan koleksi seirama serta flora dan fauna yang diawetkan lengkap dengan keterangannya.

Dengan mengunjungi museum ini, kamu akan mendapatkan pengetahuan baru dan tentunya akan menambah wawasanmu.

Apalagi jika kamu datang bersama buah hati, rasanya sayang jika museum ini dilewatkan begitu saja.

5. Naik Transportasi Keliling

Gembiralokazoo.com

Naik transportasi keliling merupakan wahana yang berupa kereta mini, kereta ini akan mengantarkan mu berkeliling mengitari Gembira Loka Zoo tanpa harus capek-capek berjalan kaki.

6. Naik Kapal Katamaran

Liburananak.com

Kapal Katamaran adalah primadona bagi para pengunjung Gembira Loka Zoo. Kapal ini dilengkapi dengan LCD dan mampu menampung hingga 20 orang.

Naik kapal katamaran mengitari danau Mayang Tirta yang sejuk nan asri merupakan aktivitas menyenangkan sekaligus menenangkan sehingga cocok untuk melepas penat dari rutinitas sehari-hari.

7. Naik ATV

Naik atv di Gembira Loka Zoo
Gembiralokazoo.com

Di Kebun Binatang Gembira Loka terdapat juga sirkuit ATV dengan Medan yang berkelok-kelok. Kamu harus terampil dalam mengendalikan ATV supaya tidak bertabrakan dengan ATV yang dikendarai pengunjung lain.

8. Bermain Wahana Air

Wahana air Gembira Loka Zoo
Gembiralokazoo.com

Tak hanya melihat berbagai macam aneka satwa, di Gembira Loka Zoo kamu juga bisa seru-seruan mencoba aneka permainan wahana air seperti skuter air, perahu kayuh, dan sepeda air.

Jika permainan tersebut masih terlalu mainstream, kamu bisa mencoba speed boat dan banana boat.

Untuk kamu yang berkunjung bersama buah hati tak perlu khawatir, karena di Kebun Binatang Gembira Loka juga terdapat permainan wahana air berupa perahu senggol di kolam yang ukurannya lebih kecil.

9. Nongkrong Sejenak Di Cafe Mayang Tirta

Kafe Mayang Tirta Gembira Loka Zoo
Phinemo.com

Cafe Mayang Tirta adalah sebuah kafe yang letaknya di tengah-tengah Danau Mayang Tirta. Pulau buatan berbentuk menyerupai kapal ini terdiri dari beberapa lantai.

Kamu bisa istirahat dan nongkrong sejenak bareng keluarga di kafe ini sambil menikmati suasana Gembira Loka Zoo yang sejuk.

Di kafe ini juga kamu bisa menyaksikan pengunjung lain yang sedang bermain banana boat atau naik kapal di danau.

Perlu di ketahui nih untuk kamu yang suka selfie, ternyata Cafe Mayang Tirta ini juga menjadi spot selfie favorit lho.

10. Hunting Foto

Rasanya tak lengkap jika berwisata tanpa ada yang diabadikan. Di kebun binatang Gembira Loka kamu bisa hunting foto sambil mengabadikan kunjungan mu di tempat wisata ini.

Terlebih lagi, di kebun binatang ini juga tersedia free Wi-Fi area sehingga hasil jepretan mu bisa langsung kamu unggah di akun sosmed secara live.

Jadwal Pertunjukan

Bird Show

Bird Show adalah pengenalan perilaku burung saat terbang di alam liar, sehingga pengunjung dapat mengetahui perilaku burung secara langsung.

Acara Bird show berada di sebelah barat Kapal Mayang Tirta dan dekat dengan Gajah Resto.

Jenis burung yang ditampilkan antara lain elang jawa, elang laut, burung kangkareng, burung hantu dan kakatua jambul kuning.

Bagi sobat Kenzie yang ingin Menyaksikan Gelar Satwa Terampil ini sudah tidak dipungut biaya lagi alias Gratis.

Untuk Jadwal pertunjukannya bisa dilihat dibawah ini:

JADWAL BIRD SHOW GEMBIRA LOKA ZOO
Senin10.30 WIB dan 13.30 WIB
Selasa10.30 WIB dan 13.30 WIB
Rabu10.30 WIB dan 13.30 WIB
Kamis10.30 WIB dan 13.30 WIB
Jumat10.30 WIB
Sabtu10.30 WIB dan 13.30 WIB
Minggu10.30 WIB dan 13.30 WIB
Libur Nasional10.30 WIB dan 13.30 WIB

Presentasi dan Edukasi Satwa (PES)

Presentasi dan Edukasi Satwa (PES) merupakan pertunjukan Satwa yang ada di Gembira Loka Zoo, satwa yang ditampilkan pada pertunjukan seperti burung Linsang, Beruang Madu, Burung Merak serta Orang Utan.

Bagi sobat Kenzie yang ingin Menyaksikan Gelar Satwa Terampil ini juga sudah tidak dipungut biaya lagi alias Gratis.

JADWAL PRESENTASI DAN EDUKASI SATWA GEMBIRA LOKA ZOO
Senin11.00 WIB & 13.00 WIB
Selasa11.00 WIB & 13.00 WIB
Rabu11.00 WIB & 13.00 WIB
Kamis11.00 WIB & 13.00 WIB
Jumat11.00 WIB & 13.00 WIB
Sabtu10.00 WIB, 11.00 WIB, 13.00 WIB, & 14.00 WIB
Minggu10.00 WIB, 11.00 WIB, 13.00 WIB, & 14.00 WIB
Libur Nasional10.00 WIB, 11.00 WIB, 13.00 WIB, & 14.00 WIB

Feeding Time dan Atraksi Satwa

Berikut adalah jadwal Feeding Time dan Atraksi Satwa di Gembira Loka Zoo:

JADWAL FEEDING TIME DAN ATRAKSI SATWA
Feeding Time
Hari
Dimulai Pukul
Feeding time ArapaimaSabtu, Minggu, Libur Nasional11.00 WIB
Feeding time UlarSabtu, Minggu, Libur Nasional11.30 WIB
Feeding time PinguinSabtu, Minggu, Libur Nasional11.30 WIB
Feeding time Burung Pecuk HitamSabtu, Minggu, Libur Nasional11.30 WIB
Feeding time SimpanseSabtu Minggu, Libur Nasional10.30 WIB
Feeding time HarimauSabtu, Minggu, Libur Nasional12.00 WIB

Harga Tiket Masuk (HTM) Gembira Loka Zoo

Setiap tahun, umumnya tiket masuk Gembira Loka Zoo mengalami perubahan. Meskipun, perubahannya memang tidak begitu signifikan.

Harga tiket masuk Gembira Loka Zoo pada tahun 2021 ini dibanderol sebesar Rp 60.000 untuk weekday dan Rp 75.000 untuk weekend.

HARGA TIKET GEMBIRA LOKA ZOO
WeekdayRp 60.000
WeekendRp 75.000
High SeasonRp 75.000

Setelah membayar tiket masuk tersebut, sobat Kenzie bisa sepuasnya menikmati dan menyaksikan koleksi satwa yang ada di Gembira Loka Zoo ini.

Tapi sayangnya, untuk menikmati wahana rekreasi atau permainan di dalamnya, sobat Kenzie harus mengeluarkan biaya tambahan lagi.

Note:
Pengunjung dengan tinggi di atas 80 cm berlaku harga tiket normal.
*HTM sudah termasuk paket Kereta Taring dan Kapal Katamaran.

Ketentuan New Normal

  1. Melakukan reservasi sebelum kedatangan di rsv.glzoo.com
  2. Gembira Loka Zoo hanya menerima kunjungan perorangan dan keluarga (belum bisa melayani rombongan)
  3. Ibu hamil, batita, lansia dapat berkunjung dengan syarat berlaku, mengisi form persetujuan saat kunjungan.
  4. Melakukan pengecekan suhu tubuh.
  5. Wajib menggunakan masker.
  6. Sehat Fisik (Tidak termasuk kategori ODP, OTG dan PDP)
Harga tiket yang tertera di atas dapat berubah sewaktu-waktu sesuai dengan kebijakan pihak pengelola terkait.

Hari & Jam Buka Gembira Loka Zoo

  • Senin: Pukul 09.00 WIB - 16.00 WIB
  • Selasa: Pukul 09.00 WIB - 16.00 WIB
  • Rabu: Pukul 09.00 WIB - 16.00 WIB
  • Kamis: Pukul 09.00 WIB - 16.00 WIB
  • Jum'at: Pukul 08.30 WIB - 16.00 WIB
  • Sabtu: Pukul 08.30 WIB - 17.00 WIB
  • Minggu: Pukul 08.30 WIB - 17.00 WIB

Lokasi Kebun Binatang Gembira Loka / Gembira Loka Zoo

Kebun binatang Gembira Loka atau Gembira Loka Zoo beralamat di Jl. Kebun Raya No. 2, Rejowinangun, Kotagede, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55171.

Untuk memudahkan perjalanan mu menuju ke Gembira Loka Zoo, alangkah baiknya menggunakan petunjuk arah dari Google yang sudah saya siapkan dibawah ini,

Kontak Gembira Loka Zoo Jogja

Untuk info lebih lanjut dan lebih akurat, silahkan menghubungi kontak resmi Gembira Loka Zoo di bawah ini,

KONTAK GEMBIRA LOKA ZOO
Phone+62-274-373861
WhatsApp+62-812-2266-2290
Fax0274-384666
Emailinfo@gembiralokazoo.com
Websitewww.gembiralokazoo.com

No comments for "Harga Tiket Masuk Gembira Loka Zoo 2022. Lokasi, Wahana & Jadwal Pertunjukkan"