Widget HTML Atas

Tips Ampuh Menabung Untuk Biaya Travelling

Tips Ampuh Menabung Untuk Biaya Travelling - Travelling memang merupakan kegiatan yang sangat menyenangkan, namun terkadang kegiatan travelling akan membutuhkan dana yang tidak sedikit. Travellingnya sih asyik, tapi budget untuk travelling nya itu dari mana ? Saya rasa kalimat tersebut yang sering dilontarkan oleh mereka yang masih menganggap jika travelling itu mahal dan tidak penting.

Jangan salah, travelling atau berwisata sangat kita butuhkan untuk melepas segala penat dari rutinitas sehari-hari. Memang sih berwisata itu membutuhkan biaya yang besarannya tentu tak sedikit. Pertanyaannya, jika kondisi keuangan tergolong pas-pasan, lantas kira-kira bagaimana caranya mengumpulkan dana untuk travelling ?

Nahh, berikut ini ada beberapa tips menabung untuk mempersiapkan budget yang akan digunakan untuk berwisata.

1. Tentukan Tujuan Wisata Serta Target Waktunya

Langkah awal yang perlu kamu perhatikan adalah menentukan tujuan wisata beserta target waktu yang akan dicapai. Misalnya begini, "tahun depan wisata ke Raja Ampat ahh". Nahh, dengan memiliki tujuan serta target waktu yang akan kamu capai, tentunya akan memudahkan mu menuju langkah berikutnya. Jangan lupa pula untuk sekaligus menghitung berapa berapa anggaran kasar yang diperlukan sesuai dengan tujuan lokasi dan tipe wisata yang diinginkan.

2. Riset Tujuan Wisata Yang Sudah Ditentukan

Jika sudah berangan-angan dalam menentukan tujuan lokasi wisata, langkah selanjutnya yaitu gali segala informasi mengenai Lokasi wisata yang sudah kamu tentukan tersebut. Di jaman modern seperti sekarang ini, bukan hal yang sulit untuk mendapatkan berbagai informasi. Kamu tinggal buka google dan langsung mulai mencari segala informasi yang kamu butuhkan, mulai dari tiket transportasi, tarif akimodasi, sampai kulinernya. Hal ini akan membantu memudahkan mu dalam menentukan target anggaran yang akan kamu perlukan untuk berwisata.

3. Buat Rencana Tabungan Harian/Mingguan/Bulanan

Setelah memiliki gambaran mengenai lokasi wisata dan berapa kira-kira anggaran kasar yang akan diperlukan, maka mulailah untuk menabung demi mengumpulkan budget untuk wisata. Coba lihat lagi target waktu wisata yang sudah kamu tentukan, jika ditarik mundur berapa hari yang tersisa menuju hari H ?
Jika sudah memiliki gambaran mengenai besarnya anggaran kasar dan dibagi dengan jumlah hari tersebut, kira-kira berapa rupiah yang harus di tabung per-hari/minggu/bulan untuk mencapai target budget wisata tersebut.

4. Cari Penghasilan Tambahan

Gaji atau uang saku kamu tidak memungkinkan untuk mengisi tabungan wisata ? Mencari penghasilan atau pekerjaan tambahan merupakan solusi jitu. Coba lihat dan petakan diri dan kemampuanmu, ada hal yang berpotensi menghasilkan gak ?
Misalnya gini, kalau kamu seorang mahasiswa yang berprestasi dan memiliki kemampuan untuk berbagi ilmu, gak ada salahnya kamu membuka les privat.
Gak hanya itu saja, lewat hobi pun bisa mendatangkan tambahan penghasilan.
Kita ambil contoh saya sendiri, saya hobi bermain bulutangkis, nahh terkadang saya pun juga menjadi pemain bayaran untuk mengisi tabungan travelling saya. Tentunya banyak cara bagaimana mendatangkan penghasilan tambahan, itu semua tergantung diri kita sendiri apakah mau bertindak atau tidak.

5. Ubah Gaya Hidup Dan Berani Berhemat

Cobalah sejenak melihat diri sendiri, apakah ada gaya hidup mu yang bisa di rubah untuk menambah pundi-pundi tabungan wisata mu ?
Misalnya jika kamu hobi nongkrong di cafe yang berkelas hanya untuk sekedar minum secangkir kopi, maka mulailah untuk beralih ke cafe-cafe yang lebih sederhana. Atau kamu yang hobi belanja dan ngemall, mulailah untuk mengurangi nya. Kamu akan terkejut begitu tahu berapa banyak pundi-pundi yang bisa kamu kumpulkan dengan merubah gaya hidup menjadi lebih sederhana. Jika kamu biasa makan siang di restoran, mulailah untuk membawa bekal dari rumah. Jangan mengira bahwa dirimu pelit, pelit sama hemat berbeda lho ya !

6. Jual Barang Yang Sudah Tidak Terpakai

Coba lihat kembali isi rumah atau isi lemari mu, mungkin saja ada beberapa barang yang bisa dijual. Sepatu yang kondisi nya masih bagus tapi sudah tidak muat, atau beberapa barang lainnya. Jual beberapa barang yang sudah tidak terpakai itu umtuk menambah pundi-pundi tabungan wisata supaya cepat mencapai target.

7. Kumpulkan Uang Receh

Jangan pernah kamu menyepelekan uang receh ya,entah itu 100 rupiah atau 200 rupiah atau yang lainnya, karena uang receh pun kalau dikumpulkan bisa menjadi bukit. Coba deh kamu siapkan celengan khusus untuk menampung uang receh tersebut, kumpulkan uang hasil kembalian belanja di minimarket, kembalian parkir, dan lain-lain. Terkadang uang receh tersebut kamu anggap tidak berharga, namun jika kamu kumpulkan dalam satu tempat khusus maka kamu akan terkejut dengan hasilnya.

8. Rutin Melihat Kembali Tujuan Awal Menabung

Ada kalanya kamu akan merasa bosan dengan kegiatan menabung ini dan tergoda untuk mengambil uang tabungan yang sudah kamu kumpulkan sedikit demi sedikit itu. Maka dari itu, perlu lho untuk kamu sesekali melihat kembali tujuan awal kamu menabung secara rutin. Cobalah untuk mengumpulkan foto-foto tempat wisata yang akan kamu kunjungi dan sesekali melihat catatan aktivitas yang ingin dikerjakan di lokasi wisata. Hal ini akan meneguhkan kembali semangat menabung mu serta akan tetap konsisten dengan tujuan awal menabung.


Itulah beberapa tips ampuh bagaimana cara mempersiapkan budget untuk berwisata yang juga saya terapkan pada diri saya sendiri. Memang banyak sekali yang bisa kita lakukan, semua tergantung pada diri dan niat kita masing-masing. Kuncinya adalah tetap konsisten dengan tujuan awal sehingga akan cepat mencapai target.

No comments for "Tips Ampuh Menabung Untuk Biaya Travelling"