Widget HTML Atas

Pantai Kukup Gunung Kidul Jogja 2022: Harga Tiket Masuk, Daya Tarik, Alamat + Lokasi Pantai

NativeIndonesia.com


Pantai Kukup Gunungkidul, Yogyakarta

Berbicara mengenai tempat wisata di Jogja khususnya di Gunungkidul pastinya tak jauh-jauh dari wisata pantai.

Bisa dikatakan Gunungkidul Yogyakarta ini merupakan surganya wisata pantai.

Wisatatempat.com

Terdapat banyak sekali deretan pantai-pantai yang indah di Gunungkidul, sebut saja seperti Pantai Indrayanti, Pantai Pok Tunggal, Pantai Timang dan masih banyak lagi.

Terlepas dari pantai-pantai tersebut, di Gunungkidul ada sebuah pantai yang juga tak kalah indah dan memesona yang bernama Pantai Kukup.


Daya Tarik Pantai Kukup

Pantai Kukup menawarkan pemandangan yang sangat indah, tempat wisata Jogja yang satu ini memiliki keindahan pasir putih dan deburan ombak yang bisa dikatakan cukup besar namun tidak terlalu berbahaya.

Pakettourjogja.com

Karakteristik yang dimiliki Pantai Kukup tidak jauh berbeda dengan deretan pantai lainnya di laut selatan, yaitu diapit oleh tebing-tebing karst di sisi sampingnya.

Namun salah satu keunikan yang dimiliki Pantai Kukup dibanding deretan pantai indah di Gunung Kidul lainnya adalah terdapatnya Pulau Karang yang berada di sisi timur pantai.

Di atas Pulau karang tersebut terdapat sebuah gardu pandang yang bisa digunakan untuk melihat keindahan Pantai Kukup ini dari ketinggian.

Pulau karang ini juga menjadi spot favorit para wisatawan untuk berfoto dan bersantai.

Jogjaonstage.com

Pulau karang di Pantai Kukup ini bernama Pulau Jumino, untuk menuju ke puncak Pulau karang kamu bisa melewati jembatan yang sudah disediakan khusus dari pinggir pantai menuju ke atas pulau.

Bahkan dari atas Pulau Jumino Pantai Kukup kamu bisa melihat keindahan sunrise maupun sunset.

Jadi, jika kamu sedang mencari pantai yang cocok untuk melihat keindahan sunrise dan sunset, mungkin Pantai Kukup ini bisa menjadi pilihanmu.

Eksotisjogja.com

Pantai Kukup merupakan salah satu pantai dengan pemandangan indah yang ada di Jogja.

Pantai Kukup termasuk Pantai dangkal, daerah dangkal ini dipenuhi bebatuan karang layaknya di Pantai Krakal yang berfungsi memecah ombak.

Terumbu-terumbu karang di Pantai Kukup ini memiliki luas sekitar 100 meter dari bibir pantai, uniknya ketika sedang surut kamu bisa melihat biota laut yang terdampar atau memang hidup di terumbu karang tersebut.

Seperti ikan hias dan bintang laut, karena itulah Pantai Kukup juga sering disebut dengan julukan "Aquarium Alami Di Jogja".


Objek Wisata Di Pantai Kukup

NativeIndonesia.com

Di Pantai Kukup ada beberapa obyek wisata andalan yang pastinya akan membuat liburanmu semakin seru, menyenangkan, dan berkesan. Beberapa objek wisata tersebut adalah:

√ Gardu Pandang Di Pulau Karang (Pulau Jumino)

Inilah salah satu objek wisata yang membuat Pantai Kukup ini diburu oleh banyak wisatawan.

Di Pantai ini terdapat pemandangan yang khas berupa Pulau karang yang bernama Pulau Jumino.

Di atas pulau karang ini terdapat sebuah gardu pandang yang sangat strategis untuk berfoto dan melihat keindahan pantai Kukup dari ketinggian.

Seperti yang sudah saya utarakan di atas, bahwa kamu bisa menyeberang menuju ke pulau karang tersebut dengan menggunakan jembatan yang sudah disediakan oleh pihak pengelola pantai.

Setelah menyeberang menggunakan jembatan, kamu terlebih dahulu akan menaiki bukit pulau tersebut, sehingga mencapai puncak Pulau karang dan menikmati pemandangan yang khas serta mempesona.


√  Melihat Aneka Biota Laut

Sewamotordijogja.com

Pada saat air laut sedang surut, kamu bisa dengan mudah menemukan aneka biota laut di pinggiran pantai.

Kamu bisa menemukan banyak tersebar bulu babi yang berwarna hitam, kerang-kerang serta alga laut, berbagai macam ikan, dan lain sebagainya.

√ Wisata Budaya Pantai Kukup

Tak hanya wisata alam yang bisa kamu nikmati di Pantai yang satu ini, ternyata di Pantai ini biasa digelar sebuah upacara adat yang bernama sedekah laut.

Kegiatan upacara adat ini biasanya dilakukan tepat pada bulan Suro (dalam penanggalan Jawa).

Upacara ini disebut-sebut sebagai upacara persembahan kepada Ratu Pantai Selatan yang dilakukan dengan melarungkan berbagai sesaji ke laut.

√ Spot Foto Yang Menakjubkan

Eksotisjogja.com

Liburan ke manapun tak akan lengkap rasanya jika tidak mengabadikannya dalam bentuk foto, begitupun saat liburan ke pantai.

Di Pantai ini, kamu akan disuguhkan banyak sekali spot yang bagus untuk kamu foto.

Misalnya saat matahari tenggelam dan air sedang surut, perpaduan antara langit dan siluet bebatuan akan menghadirkan nuansa eksotis untuk kamu foto.

Terlebih lagi di Pantai Kukup ini terdapat sebuah gardu pandang yang bisa kamu manfaatkan untuk mendapatkan foto dengan angel yang unik.


Fasilitas Di Pantai Kukup

Penataan wisata pantai di Jogja memang sangat mengesankan, tak lepas juga dengan Pantai Kukup.

Tempat wisata yang cukup populer ini juga sudah dilengkapi dengan berbagai fasilitas penunjang yang kian memanjakan para pengunjungnya. Dari berbagai fasilitas tersebut, diantaranya adalah:

  • Gazebo
  • Gardu Pandang
  • Warung Makan
  • Musholla
  • Ruang Ganti
  • Tempat Parkir
  • Dan masih banyak lagi,
NativeIndonesia.com

Harga Tiket Masuk Pantai Kukup

Harga tiket masuk ke Pantai Kukup ini adalah Rp 10.000 untuk wisatawan lokal maupun asing.

Biaya masuk ini sudah termasuk biaya masuk ke pantai lainnya yang ada disekitar Pantai Kukup, yakni Pantai Baron, Pantai Krakal, dan Pantai Sundak.

Setelah memasuki wilayah pantai, kamu hanya perlu membayar biaya parkir seharga Rp 2.000 untuk motor dan Rp 5.000 untuk mobil. Dengan begitu, kamu sudah bisa menikmati wisata di Pantai Kukup ini.

HARGA TIKET PANTAI KUKUP JOGJA
Tiket MasukRp 10.000
Parkir MotorRp 2.000
Parkir MobilRp 5.000

Alamat Lokasi Pantai Kukup

  • Jl. Pantai Sel. Jawa, Ngepung, Desa Kemadang, Kec. Tanjungsari, Kab. Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55000, Indonesia
  • 61 Km dari pusat kota Yogyakarta
  • 61 Km dari stasiun Lempuyangan
  • 57 Km dari Bandara Internasional Adisucipto

Rute Menuju Lokasi Wisata Pantai Kukup

Akses menuju lokasi wisata Pantai Kukup ini terbilang cukup mudah, dari pusat kota Yogyakarta kamu tinggal menuju ke arah Wonosari lalu melanjutkan perjalanan hingga sampai di pos retribusi Wisata Pantai Gunung Kidul, lokasi pantai Kukup tepat setelah Pantai Baron.

Cgama.wordpress.com

Untuk memudahkan perjalanan mu menuju lokasi wisata Pantai Kukup, kamu bisa menggunakan bantuan dari google map yang sudah saya siapkan di bawah ini.


Peta & Petunjuk Arah Menuju Pantai Kukup

2 comments for "Pantai Kukup Gunung Kidul Jogja 2022: Harga Tiket Masuk, Daya Tarik, Alamat + Lokasi Pantai"

  1. Niatnya mau nyari destinasi buat ke jogja, eh malah ketemu blog ini wkwk. Btw makin besar nih blog nya..
    Jangan lupa kunbal nya mas hahaha

    ReplyDelete
  2. @Amiq Yolo - sudah mas,,, makasih kunjungannya

    ReplyDelete

Post a Comment