Widget HTML Atas

15 Foto Umbul Ponggok Klaten 2022: Harga Tiket Masuk + Paket, Alamat & Lokasi, Daya Tarik Wisata

Umbul Ponggok Klaten
Instagram.com/mastercapoeng

Wisata Umbul Ponggok Klaten Jawa Tengah - Klaten memang kalah populer jika dibandingkan dengan kota-kota tetangganya seperti Solo, Karanganyar, dan Jogja.

Karena memang di Klaten tidak terlalu banyak tempat wisata yang dapat kita kunjungi.

Tetapi tunggu dulu, walaupun Klaten hanya memiliki sedikit tempat wisata saja, tapi tempat wisata di Klaten bisa di bilang keren-keren, lho.

Ada salah satu tempat wisata kece di Klaten yang juga menjadi ikon wisata Kota tersebut yaitu Umbul Ponggok.



Sejarah Umbul Ponggok Klaten

Umbul Ponggok
Instagram.com/agniherarta

Sebelum membahas banyak mengenai tempat wisata ini alangkah baiknya kita mengetahui sejarah dari tempat wisata tersebut.

Bagi warga Desa Ponggok, Kecamatan Polanharjo, Kabupaten Klaten, keberadaan Umbul Ponggok bisa jadi merupakan sebuah legenda karena sumber mata air ini sudah difungsikan sejak ratusan tahun yang lalu.

Menurut Catatan sejarah berdasarkan bukti-bukti dan data-data yang ada, sekitar tahun 1920 Desa Ponggok merupakan kawasan industri dan menjadi tempat berdirinya Suikerfabriek Ponggok atau Pabrik Gula Ponggok.

Jejakpiknik.com

Tidak jauh dari Pabrik Gula Ponggok, terdapat pula beberapa pabrik gula yang lain, yaitu Suikerfabriek Karanganom, Suikerfabriek Tjokro Toeloeng, dan Suikerfabriek Delanggoe.

Ketika itu daerah di sekitar Ponggok masuk ke dalam wilayah administrasi Kabupaten Ponggok dan banyak keluarga Belanda yang bertempat tinggal di kawasan ini.

Karena sebagian besar karyawan yang menduduki jabatan sebagai manager, administratur, juru buku, dan beberapa posisi yang lain adalah warga Belanda.

Mereka bertempat tinggal di sebuah bangunan yang disebut loji dengan letak di sebelah utara Umbul Ponggok, sementara lokasi Suikerfabriek Ponggok berada di sebelah timur Umbul (sumber mata air).

Selama pabrik-pabrik gula beroperasi, Umbul Ponggok difungsikan sebagai water reservoir atau tempat penampungan air yang digunakan untuk memenuhi kebutuhan operasional Suikerfabriek Ponggok dan Suikerfabriek Karanganom.

Disamping itu, sumber air Ponggok yang tidak pernah kering sepanjang waktu juga dimanfaatkan untuk mengairi areal perkebunan tebu yang terhampar di daerah Polanharjo, Karanganom, Ceper dan sekitarnya.

Sekitar tahun 1930-an, pabrik gula Ponggok tutup karena terjadi krisis ekonomi menyusul kebangkitan rakyat Indonesia yang ingin memperjuangkan kemerdekaan.

Pasca tutupnya pabrik, water reservoir pun beralih fungsi menjadi irigasi untuk mengairi perkebunan dan sawah warga.

Hal tersebut berlangsung sampai sekarang sebelum akhirnya fungsi tersebut bertambah menjadi objek pariwisata.

Disebut Umbul Ponggok, karena Umbul yang diambil dari istilah Jawa memiliki arti sumber mata air, sedang Ponggok merujuk pada desa yang menjadi lokasi dari Umbul ini.

Meroketnya nama Umbul Ponggok sebagai salah satu objek wisata, tidak lepas dari peran Pemerintah Desa dan warga sekitar.

Karena merekalah yang berinovasi dan berkreasi, senja sumber mata air yang semula hanya berfungsi sebagai irigasi berubah menjadi destinasi wisata yang unik dan menarik dengan mengusung tema snorkeling dan underwater photos.

Underwater photos
Instagram.com/yan_fau

Hal itulah yang membuat kolam alam ini jauh dari kesan angker, bahkan terkesan fun meski sudah berumur lebih dari satu abad.

Tidak sedikit pengunjung yang menjuluki Umbul Ponggok dengan sebutan Bunaken Van Klaten.

Karena sensasi yang ditawarkan tempat wisata ini berupa jernih dan segarnya air serta indahnya pemandangan bawah air seperti sedang menyelam di kawasan perairan Bunaken.

Tidak heran jika dari waktu ke waktu para wisatawan yang berkunjung ke Umbul Ponggok terus mengalami peningkatan.

Di sepanjang tahun 2019 misalnya, rata-rata jumlah pengunjung pada hari-hari biasa, sebanyak 2000 orang, pada hari libur mencapai 3000 orang dan pada libur lebaran bisa meningkat hingga 5 kali lipat.

Daya Tarik Umbul Ponggok Klaten

Umbul Ponggok Klaten
Instagram.com/ririenkurniandri

Umbul Ponggok adalah sebuah kolam renang berbentuk persegi yang sudah sangat populer di Klaten dan kota-kota terdekat, tak seperti kolam renang biasa, Umbul Ponggok menyajikan sebuah sensasi berenang yang cukup unik.

Dikelilingi hamparan persawahan dengan pepohonan rindang di sekitar kolam alam, menjadikan suasana sejuk dan yang disuguhkan untuk pertama kali oleh Umbul Ponggok kepada pengunjung yang datang.

Kejernihan kolam umbul ponggok klaten
Instagram.com/agik_bendol

Baru setelah itu, jernih dan segarnya air menjadi hidangan utama. Begitu jernihnya air yang ada di tempat ini, membuat dasar kolam yang terdiri atas pasir, bebatuan, bahkan lumut yang ada di dasar kolam dapat dilihat dengan jelas dari atas permukaan air.

Tidak hanya itu, ratusan bahkan mungkin ribuan ekor ikan dengan berbagai bentuk, warna dan ukuran berenang kesana-kemari di dalam kolam alam yang memiliki ukuran 50 x 25 meter² dengan tingkat kedalaman antara 1,5 - 2,6 meter ini.

Meskipun sumber mata air ini dipenuhi oleh berbagai jenis ikan, soal kualitas air tidak perlu dikhawatirkan.

Foto di bawah air
Instagram.com/syaidatulnor

Bau amis sedikit pun tidak akan tercium, karena air yang memenuhi seisi kolam selalu baru disebabkan sumber mata air yang terus-menerus mengisi kolam, sementara air yang sebelumnya memenuhi kolam dialirkan keluar untuk mengairi areal persawahan.

Sejuk, segar dan jernihnya air, membuat siapapun akan tergiur untuk sesegera mungkin menceburkan badan dan berenang menjelajahi luasnya kolam alam Umbul Ponggok tersebut.

Untuk pengunjung yang datang dengan membawa anak-anak, tidak perlu merasa khawatir, karena pihak pengelola sudah menyiapkan kolam renang khusus untuk anak-anak serta membuat fun anak-anak dengan berbagai wahana permainan.

Wahana permainan di Umbul Ponggok Klaten
Instagram.com/wisatakeluargajogja

Tidak hanya itu, bagi pengunjung yang tidak ingin berbasah-basah, dapat menyewa Perahu untuk digunakan berkeliling diseputar kolam alam Umbul Ponggok.

Atau menyaksikan keceriaan pengunjung sambil menikmati secangkir kopi, teh maupun minuman lainnya nya ditemani berbagai macam snack dan jajanan ringan di sebuah Cafe yang di tempatkan persis di pinggir kolam Umbul Ponggok.

Karena itu, tidak salah jika tempat rekreasi ini dikunjungi bersama keluarga. Tidak hanya di atas permukaan air saja pengunjung dapat bersenang-senang, tapi juga di kedalaman air.

Instagram.com/nurulparamitha

Jernihnya air dari sumber mata air yang tidak pernah berhenti mengisi luasnya kolam, membuat pengunjung dapat melihat dengan sangat jelas pasir dan bebatuan yang ada di dasar kolam, serta bermain bersama ikan-ikan.

Karena itulah tempat ini disediakan pula tempat penyewaan peralatan Power Dive (walker) untuk berjalan-jalan di bawah air serta peralatan snorkeling yang meliputi swimsuit, kaki katak, tabung oksigen dan googles.

Bagi mereka yang belum pernah melakukan aktivitas snorkeling, tersedia bimbingan gratis dari pemilik tempat penyewaan peralatan snorkel.

Diantara berbagai macam aktivitas yang dapat dinikmati pengunjung di Umbul Ponggok, salah satu yang menjadi favorit dan daya tarik dari tempat wisata ini adalah membuat foto di bawah permukaan air.

Berbekal kamera underwater, pengunjung dapat berfoto ria dengan background ikan-ikan yang sedang berenang di sekeliling atau ditemani dengan berbagai jenis properti.

Instagram.com/ibn_uwinata 

Seperti sepeda kayuh, sepeda motor dari berbagai jenis, jet sky, tenda, becak, laptop, TV, set taman dan properti menarik lainnya.

Hasil dari foto-foto di bawah air tersebut, dipastikan akan unik dan menarik.

Sehingga tidak saja pantas untuk disimpan dan dijadikan Kenangan, tapi juga dipamerkan di lini media sosial.

Bagi pengunjung yang ingin berfoto di bawah air, dapat dilakukan dengan menggunakan kamera pribadi atau dengan menyewanya di rental kamera yang tersedia di lokasi wisata Umbul Ponggok Klaten.

Untuk yang memakai kamera pribadi, background yang tersedia hanya ikan-ikan dan jernihnya air di kedalaman kolam, karena berbagai properti yang bisa dijadikan latar belakang foto hanya diperuntukan untuk mereka yang memanfaatkan kamera sewaan.

Foto dengan motor di bawah air
Instagram.com/aldiansyah.sp

Properti itu pun tidak dipinjamkan dengan gratis melainkan harus di sewa.

Jadi, pengunjung harus membayar double, yaitu membayar tarif untuk sewa kamera dan tarif untuk sewa properti dengan harga yang bervariasi, tergantung dari jenis properti yang dipilih.

Fasilitas Yang Tersedia Di Umbul Ponggok Klaten

Instagram.com/the_indrasafari

Untuk fasilitas-fasilitas yang lain, semuanya berbayar karena pengelolaannya tidak dilakukan tersentral melainkan dikelola secara pribadi oleh warga setempat.

Dengan sistem pengelolaan seperti itu, sisi negatifnya membuat tempat wisata ini menjadi terkesan mahal, karena segala sesuatu harus ditebus dengan uang,

Sedangkan untuk sisi positifnya semua fasilitas yang tersedia sangat representative karena dikelola secara profesional.

Diantara berbagai fasilitas yang tersedia dan harus dibayar tersebut adalah: kamar mandi dan toilet, ruang ganti pakaian, Cafe serta warung-warung yang menjual berbagai jenis makanan.

Satu-satunya fasilitas umum yang gratis hanya mushola, meski tidak ada salahnya nya bagi pengunjung untuk mengisi Kotak infaq yang tersedia.

Selain fasilitas umum tersebut, pengunjung yang ingin menyewa kamera underwater akan dikenakan tarif sebesar Rp 60.000 per- 30 menit maksimal untuk 4 orang atau Rp 100.000 per- jam maksimal untuk 7 orang.

Jika ingin menambah properti, maka akan dikenakan tarif lagi yang bervariasi.

Bagi pengunjung yang ingin jalan-jalan di air, tersedia paket power dive (walker) seharga Rp 150.000 sudah termasuk dokumentasi foto dan Rp 200.000 termasuk foto dan video.

Harga Tiket Masuk Umbul Ponggok Klaten

Instagram.com/rikiindrianto

Menghadirkan tempat rekreasi pemandian yang berbeda dari kolam pemandian pada umumnya, harga tiket masuk (HTM) ke Umbul Ponggok terbilang murah, karena setiap pengunjung hanya dikenakan tarif sebesar Rp 15.000 per orang.

Hanya saja, harga tiket tersebut praktis hanya untuk dapat mandi dan berenang di kolam alami, kolam anak-anak serta menikmati arena permainan anak.

Beberapa Harga Paket Dan Sewa Property Di Umbul Ponggok

  • Sewa loker barang per unit : Rp 3.000
  • Sewa Snorkel Set : Rp 13.000
  • Sewa Pelampung : Rp 7.000
  • Sewa kaki katak : Rp 7.000
  • Sewa tempat untuk sesi pemotretan prewedding : Rp 300.000
  • Harga sewa kamera underwater : Rp 60.000 (setengah jam)
  • Harga sewa kamera underwater : Rp 100.000 (satu jam )
  • Sewa ban untuk berenang : Rp 5.000
  • Harga foto grup underwater untuk 7 orang : Rp 100.000 /jam
  • Persewaan property foto becak/motor/set love/ayunan: Rp 100.000
  • Persewaan property foto jet sky/ayunan double : Rp 150.000
  • Persewaan property foto tenda dan set kursi : Rp 100.000
  • Persewaan property foto sepeda : Rp 30.000
  • Tarif parkir motor : Rp 2.000
  • Tarif parkir mobil : Rp 4.000
  • Tarif ruang bilas : Rp 1.000

Paket Jasa Foto Prewedding Di Umbul Ponggok Klaten

Prewedding di Umbul Ponggok Klaten
Instagram.com/rika_ervia
  • Paket Diving Umbul Ponggok termasuk dokumentasi, diving equipment, bimbingan sebelum menyelam : Rp 250.000
  • Paket Prewedding Full untuk waktu pemotretan 1 hari, termasuk 3 crew fotografer, 1 orang make up artis, biaya sewa tempat pemotretan, dan dokumentasi disimpan dalam CD juga di cetak. Untuk wardrobe ukuran custom memakai ukuran umum : Rp 3.000.000
  • Paket Prewedding Standar, waktu pemotretan 1 hari, 3 crew fotografer, biaya sewa tempat pemotretan, dokumentasi : Rp 2.000.000
  • Paket Power Dive ( underwater walker ), termasuk dokumentasi foto dan video : Rp 200.000
  • Paket Kamera Underwater, untuk durasi 30 menit, maksimal untuk 4 orang : Rp 60.000
  • Paket Kamera Underwater, untuk durasi 1 jam maksimal untuk 7 orang : Rp 100.000
Instagram.com/ahmadipristianto

Alamat & Lokasi Umbul Ponggok Klaten

  • Alamat : Jl. Delanggu - Polanharjo, Ds. Jeblogan, Ponggok, Kecamatan Polanharjo, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah 57474
  • 18 km dari Pusat Kota Klaten
  • 41 km dari Pusat Kota Yogyakarta
  • 26 km dari Pusat Kota Surakarta
  • 89 km dari Pusat Kota Semarang

Peta & Petunjuk Arah Menuju Umbul Ponggok Klaten

No comments for "15 Foto Umbul Ponggok Klaten 2022: Harga Tiket Masuk + Paket, Alamat & Lokasi, Daya Tarik Wisata"