Widget HTML Atas

Simak Cara Merencanakan Liburan Agar Lebih Maksimal Dan Menyenangkan


Cara Merencanakan Liburan Agar Lebih Maksimal Dan Menyenangkan - Liburan atau berwisata memang menjadi kegiatan yang menyenangkan dan sangat cocok untuk melepas segala penat dari rutinitas sehari-hari, terlebih lagi travelling atau berwisata bisa merefrash otak.

Namun saat merencanakan liburan, terkadang kita bingung apa saja yang harus dipersiapkan. Padahal, perencanaan yang matang akan membuat liburan menjadi lebih maksimal dan tentunya akan lebih menyenangkan.

Untuk itu, perlu kamu simak bagaimana dan apa saja yang perlu dipersiapkan untuk memanfaatkan waktu liburanmu dengan berwisata supaya liburanmu lebih maksimal dan menyenangkan.


1. Spesifikasikan Tujuan Wisata-Mu

Sebelum kamu pergi berwisata, tentunya kamu harus merencanakan dan menentukan dulu mau pergi ke mana. Mungkin tujuan wisata nya adalah Kota Semarang, Kota Yogyakarta, atau ke Kota lainnya. Tentukan lokasi mana saja yang akan kamu kunjungi untuk menghabiskan waktu liburanmu. Fokuskan dulu untuk tujuan liburanmu secara spesifik, apakah kamu akan melakukan wisata air, wisata kuliner, wisata religi, dan lain sebagainya.

2. Tentukan Lokasi Penginapan

Jika kamu pergi saat musim libur, jangan memesan penginapan ketika baru sampai di tempat wisata. Karena, selain banyaknya pengunjung yang juga akan berlibur dan sudah memesan penginapan terlebih dahulu di area wisata, pada saat itu kamu akan mendapatkan harga sewa penginapan yang lebih mahal. Oleh sebab itu, alangkah baiknya kamu memesan penginapan ini beberapa hari sebelum tiba di lokasi wisata. Atau jika menjelang musim libur panjang, lebih baik kamu memesan penginapan jauh-jauh hari atau satu bulan sebelum hari-H. Untuk masalah ini, situs booking online bisa membantumu seperti booking.com, trivago, traveloka, tiket.com, dan masih banyak lagi.

3. Merencanakan Waktu

Penting merencanakan waktu berapa lama kamu akan berlibur di tempat tujuan ?
Alangkah baiknya buatlah perencanaan waktu dengan detail. Mulai dari berapa lama perkiraan waktu tiba di lokasi wisata, lama perjalanan, tiba dibandara, jarak dari bandara ke penginapan, serta waktu istirahat kamu di sekitar lokasi. Jika perencanaan waktu ini di buat dengan jelas dan detail, setidaknya kamu bisa mengunjungi beberapa tempat yang memang menjadi tujuan untuk di kunjungi. Perencanaan waktu yang lebih jelas juga akan membuat liburanmu lebih maksimal dan terarah.

4. Menentukan Transportasi

Jangan lupa untuk menentukan transportasi apa yang akan kamu gunakan selama berlibur. Semisal jika kamu akan menggunakan transportasi umum, maka jangan lupa untuk mencari informasi terlebih dahulu mengenai transportasi tersebut. Tidak ada salahnya melakukan pengecekan apakah transportasi tersebut memiliki rute tujuan wisata mu sehingga dapat mengantarmu menuju lokasi tujuan. Catat juga biaya tak terduga untuk kebutuhan transportasi ini.

5. Budget Dan Pengeluaran

Tuliskan sebuah perencanaan keuangan mengenai pengeluaran mu selama berlibur. Perlu diketahui, berlibur tentunya memiliki resiko untuk menimbulkan adanya pengeluaran yang tidak sedikit. Namun, pengeluaran ini bisa diatur jika memang kamu benar-benar teliti dalam menggunakan uang. Tuliskan semua pengeluaran yang mungkin akan terjadi selama liburan, dari makan hingga membeli oleh-oleh. Jika dirasa waktu berliburmu cukup panjang, maka tentukan jadwal kapan saja akan pergi ke ATM. Sebagai tambahan hindari membawa uang cash saat berlibur, karena akan cenderung mengakibatkan pemborosan. Buatlah perencanaan pengeluaran dengan matang, sehingga kamu bisa memperkirakan budget yang akan kamu butuhkan selama berlibur.


Mungkin sebagian orang akan menganggap bahwa perencanaan seperti diatas terkesan terlalu mengatur dan ribet. Namun percayalah, bahwa perencanaan dalam hidup ini dapat meminimalkan resiko yang terjadi sewaktu-waktu, terlebih saat liburan atau berwisata. Dengan melakukan perencanaan yang matang, akan membuat liburanmu semakin maksimal dan menyenangkan, sehingga liburanmu akan terarah dan tidak sia-sia.

No comments for "Simak Cara Merencanakan Liburan Agar Lebih Maksimal Dan Menyenangkan"