Widget HTML Atas

Pantai Air Manis Kota Padang, Lokasi Objek Wisata Dengan Legenda Malin Kundang

Kompas.com

Pantai Air Manis Kota Padang - Kota Padang memang memiliki beberapa objek wisata pantai yang sangat menarik, mengingat lokasinya yang berada di pesisir Barat Sumatera.

Salah satu wisata pantai yang memiliki daya tarik lebih adalah Pantai Air Manis atau dalam bahasa Padang disebut dengan Pantai Aia Manih.

Pantai yang berjarak sekitar 10 km ke arah selatan dari pusat Kota Padang ini menjadi objek wisata favorit tidak hanya karena menyuguhkan panorama pantai yang sangat memukau, tapi juga dipercaya bahwa Pantai Air Manis merupakan tempat dikutuknya Malin Kundang oleh sang ibu karena tidak mau mengakui ibu nya yang miskin.



Cerita Legenda Pantai Air Manis

Sebagaimana yang telah dituturkan dalam sebuah legenda yang sudah tak asing lagi bagi masyarakat Indonesia,Malin Kundang adalah seorang pemuda desa yang tinggal bersama ibunya yang janda.

Suatu hari Malin Kundang pergi merantau meninggalkan kampung halamannya.

Setelah sukses dan menjadi saudagar yang kaya raya, Ia menengok tanah kelahirannya.

Di Pantai Air Manis inilah, Malin Kundang melabuhkan kapalnya sebelum menuju ke pantai.

Di pinggir pantai, ibunya yang mengetahui kepulangan anaknya dengan gembira menyambut.

Namun tidak di sangka, Malin Kundang yang sudah menjadi seorang saudagar kaya raya tidak mengakui perempuan yang melahirkan dan membesarkannya.

Tempatwisatamu.com

Karena terbawa oleh amarah, sang Ibu pun melontarkan kutukan sehingga saat itu juga Malin Kundang beserta seluruh harta benda yang di bawanya berubah wujud menjadi batu.

Konon, batu-batu dengan bentuk menyerupai manusia dan benda-benda berharga yang hingga kini terhampar di Pantai Air Manis merupakan penjelmaan dari Malin Kundang.

Legenda inilah yang menjadi salah satu daya tarik dari Pnatai Air Manis ini, sehingga wisatawan yang kebetulan singgah di Kota Padang, senantiasa menyempatkan diri untuk berkunjung di Pantai ini.

Bahkan pada waktu-waktu tertentu, objek wisata ini juga dikunjungi wisatawan asing karena keindahan yang di suguhkan Pantai Air Manis ini benar-benar memanjakan mata yang memandangnya.

Pantai Air Manis Kota Padang

Travelingyuk.com

Secara administratif Pantai Air Manis yang berada di belakang Gunung Padang ini memiliki alamat di Kecamatan Padang Selatan, Kota Padang, Sumatera Barat.

Karena jaraknya yang hanya sekitar 10 km dari pusat Kota Padang membuat lokasi pantai ini cukup mudah di jangkau.

Terlebih lagi akses jalan yang menuju ke lokasi sangat bagus dan menjadi rute angkutan umum, sehingga kapanpun wisatawan ingin berkunjung ke Pantai Air Manis ini tidak perlu khawatir untuk masalah transportasi.

Untuk menuju ke Pantai Air Manis, wisatawan yang menggunakan saran transportasi umum dan berangkat dari Kota Padang dapat naik bus Trans Padang.

Perjalanan akan menempuh rute Lubuk Buaya - Pasar Raya hingga Atas Kota dengan melewati Jalan Raya Teluk Bayur.

Setelah tiba di persimpangan Pantai Air Manis, wisatawan dapat melanjutkan perjalanan dengan menggunakan angkutan kota atau dengan naik ojek.

Daya Tarik Dan Pesona Pantai Air Manis Kota Padang

Sebagaimana yang telah disebutkan diatas, salah satu daya tarik dari objek wisata ini adalah keberadaan batu-batu yang menyerupai sosok manusia dan harta benda yang konon merupakan penjelmaan Malin Kundang yang dikutuk oleh Ibunya.

Indonesiakaya.com

Untuk membuktikan kebenaran dari legenda tersebut, kamu dapat berjalan menuju ke sisi Selatan Pantai Air Manis. Disana kamu akan menjumpai sebongkah batu berwujud manusia yang sedang bersujud, batu-batu yang menyerupai dinding kapal serta batu-batu yang wujudnya mirip dengan gentong kayu dan tambang.

Namun sayang, seiring dengan berjalannya waktu, batu-batu tersebut terkikis oleh ombak sehingga dilakukan perbaikan yang membuat wujud dari batu-batu tersebut sudah tidak lagi natural.

Karena itulah banyak wisatawan yang menyangsikan bahwa batu-batu tersebut merupakan penjelmaan dari Malin Kundang.

Kalaupun kecewa dan sangsi akan kebenaran batu penjelmaan Malin Kundang, wisatawan dipastikan tidak akan kecewa saat menikmati keindahan dari Pantai Air Manis.

Bibir pantainya yang panjang dengan pasir pitih yang lembut, membuat wisatawan akan terlarut oleh keindahan panorama pantai yang memanjakan mata.

Travelingyuk.com

Dengan bibir pantai yang panjang, wisatawan juga dapat melakukan berbagai macam aktifitas menyenangkan saat berada di lokasi.

Setelah puas beraktifitas, wisatawan yang ingin beristirahat, telah disediakan gazebo-gazebo yang berdiri diatas pasir pantai.

Jangan lupa untuk membawa pakaian ganti saat berkunjung ke Pantai Air Manis karena siapapun pasti akan tergoda untuk mandi di airnya yang jernih dengan ditemani ombak yang tenang.

Tidak hanya itu saja, di seberang pantai yang jaraknya sekitar 500 meter terdapat sebuah pulau seluas kurang lebih 1 hektar yang dikenal dengan nama Pulau Pisang Ketek atau Pulau Pisang Kecil.

Kompas.com

Pulau tersebut pada pagi hingga sore hari dapat dituju dengan hanya berjalan kaki melewati air laut yang dangkal.

Namun pada malam hari saat air laut sedang pasang, untuk menuju ke Pulau Pisang Kecil harus dengan menggunakan perahu yang dapat disewa dari para nelayan yang ada di pinggir pantai.

Tidak jauh dari Pulau Pisang Kecil terdapat lagi sebuah pulau yang di huni oleh penduduk setempat yang dikenal dengan nama Pulau Pisang Gadang atau Pulau Pisang Besar atau Pulau Sikuai.

Bagi kamu yang ingin bermalam di kawasan pantai, dapat menginap di rumah-rumah penduduk, karena tempat tinggal mereka juga difungsikan sebagai homestay atau penginapan.

Fasilitas Yang Ada Di Pantai Air Manis

Kamu yang ingin berkunjung ke Pantai Air Manis tidak perlu cemas masalah fasilitas, karena fasilitas dasar sebagaimana tempat-tempat wisata pada umumnya telah tersedia di objek wisata pantai ini seperti tempat ibadah, serta kamar mandi dan WC umum.

Bagi kamu yang tidak membawa bekal, di pinggir pantai dapat kamu temui warung-warung dan restoran yang menjual menu ikan bakar, nasi kapau dan berbagai jenis makanan lainnya.

Tersedia pula fasilitas yang lain, seperti gazebo untuk beristirahat sambil menikmati keindahan panorama pantai, persewaan perahu dayung dan perahu motor bagi yang ingin menjelajah kawasan perairan, dan persewaan motor ATV untuk yang tertarik menyusuri panjangnya bibir pantai.

Indonesiakaya.com

Harga Tiket Masuk Pantai Air Manis Kota Padang

Untuk dapat menikmati keindahan Paintai Air Manis kamu tidak perlu mengeluarkan uang yang banyak, karena harga tiket masuk nya sangat terjangkau yaitu Rp 5.000 ditambah biaya parkir motor Rp 2.000 dan untuk parkir mobil Rp 5.000.

Dengan harga tiket masuk (htm) yang murah tersebut, kamu dapat menikmati keindahan Pantai Air Manis sepuas-puasnya dan melakukan akitifitas sepuasnya sepanjang 24 jam tanpa harus takut diusir oleh petugas.

Peta Dan Petunjuk Arah Menuju Pantai Air Manis Padang

No comments for "Pantai Air Manis Kota Padang, Lokasi Objek Wisata Dengan Legenda Malin Kundang"